pentingnya kartu nama secara profesional

Sejarah Kartu Nama: Mulai dari pembeda kelas sosial hingga kepentingan bisnis

Kartu nama sudah sejak lama digunakan. Oleh karena itu terdapat sejarah kartu nama yang barangkali perlu anda ketahui untuk memahami kenapa cetak kartu nama begitu penting dalam dunia profesional. Pemilihan percetakan untuk cetak kartu nama murah juga penting untuk dipertimbangkan. Berikut adalah uraian sejarahnya secara singkat bagi anda:

Sejarah Kartu Nama

Meskipun kita tahu kartu nama sudah digunakan sejak lama, tapi apakah anda memiliki bayangan sudah berapa lama sejak kartu nama pertama kali digunakan? Ternyata kartu nama sudah dilakukan sejak abad ke-17!

Pertama kali kartu nama diciptakan oleh orang-orang Eropa yang menggunakannya sebagai pemberi informasi. Kartu nama itu digunakan untuk memberi tahu bahwa akan ada pejabat atau bangsawan yang datang ke tempat tersebut atau hanya sekedar melintas. 

Tidak heran karena penggunaannya pada awalnya hanya oleh para bangsawan atau kalangan sosial atas membuat kartu nama identik dengan kelas sosial yang tinggi dan bisa melambangkan status sosial masyarakat yang menggunakannya. Hampir dipastikan semua kalangan atas punya kartu nama mereka sendiri.

Maju ke abad-19 penggunaan kartu nama mulai mengalami peningkatan. Bukan hanya sebagai perlambang datangnya kalangan sosial atas saja, namun menjadi semacam kartu sosial yang bisa dipamerkan saat diadakannya jamuan makan atau pertemuan penting lainnya. Biasanya tamu yang datang akan memberikan kartu nama mereka ke tuan rumah lalu tuan rumah menaruhnya di baki yang khusus untuk kartu nama. Cetak kartu nama menjadi simbol sambutan tamu.

Setelah kartu nama tersebut diterima dan diletakkan di baki khusus, maka akan diperiksa oleh tuan rumah sehingga identitas dari si tamu akan dengan mudah diketahui dan seberapa penting kedudukannya. Dari perkembangan kartu nama tersebut juga muncul beberapa etika yang perlu diperhatikan di kalangan masyarakat eropa, diantaranya yaitu:

  • Dalam sebuah kartu nama biasanya akan terdapat simbol P/F atau P/C. Arti dari simbol P/F merupakan sebuah ucapan selamat. Sedangkan jika berisikan simbol P/C merupakan simbol pernyataan ikut berbela sungkawa. Inilah kenapa kartu nama digunakan dalams ebuah pertemuan untuk menunjukkan rasa suka cita atau belasungkawa pada tuan rumah.
  • Apabila ada orang lain yang melihat kartu nama milik orang lain saat sedang dalam kunjungan maka akan dicap sebagai orang yang tidak sopan. Kartu nama masih jadi sesuatu yang sangat pribadi kala itu.
  • Terdapat beberapa tanda yang biasa digunakan melalui kartu nama. Salah satunya dengan cara menekuknya. Kartu nama yang ditekuk di bagian ujung biasanya menunjukkan bahwa kunjungan tersebut bersifat pribadi, sedangkan yang ditekuk di bagian tengah menunjukkan kunjungan hanya untuk keluarga.

Selanjutnya banyak pedagang inggris yang cetak kartu nama pada para pelanggan untuk bisnis. Sejak itulah kartu nama identik dengan urusan profesional.

Leave a Comment

Your email address will not be published.