les ib

Penting, Les IB untuk Mempersiapkan Masa Depan

Memberikan pendidikan yang terbaik adalah impian semua orang tua untuk anaknya. Pernahkah anda mendengar tentang international baccalaureate (IB)? Kurikulum international baccalaureate (IB) saat ini banyak digunakan di sekolah internasional di Indonesia dalam sistem pendidikannya. Untuk itu anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memasukkan anak anda untuk ikut les ib. Karena International baccalaureate (IB) sendiri adalah pendidikan yang diakui secara internasional, dan diikuti oleh siswa di seluruh dunia.

Apa Itu International Baccalaureate

International baccalaureate (IB) berasal dari sebuah fondasi pendidikan internasional berlokasi di Jenewa, Swiss. IB merupakan kualifikasi yang diakui internasional karena memberikan dasar kuat pada setiap mata pelajaran, menekankan penyesuaian global, serta memahami dan menghormati setiap kebudayaan yang berbeda-beda.

International baccalaureate (IB) banyak digunakan di sekolah Internasional dan dalam pembelajarannya menggunakan bahasa Inggris aktif, tulis maupun lisan. Sekolah dengan kurikulum IB menerapkan pembelajaran yang menyesuaikan dengan sekolah di luar negeri. Hanya sekolah yang memiliki sertifikasi IB dan terdaftar resmi di yayasan IB yang diperbolehkan melaksanakan program belajar dengan menggunakan kurikulum IB. Di program IB, pelajar dituntut untuk berpikir kritis dan dilatih untuk dapat belajar secara mandiri. Bagi anda yang tertarik dengan program pendidikan international baccalaureate (IB), saat ini telah banyak terdapat Les IB di Indonesia.

Kurikulum International Baccalaureate

Kurikulum international baccalaureate (IB) dikembangkan oleh guru dari School of Geneva dan di ujikan pada beberapa Negara Eropa. Ada berbagai program dalam kurikulum international baccalaureate (IB), diantaranya adalah :

  1. Primary Years Programme (PYP)

Program ini diperuntukkan bagi usia 3-12 tahun yang bertujuan untuk membuat siswa secara aktif peduli, menghromati diri sendiri dan orang lain, serta mudah berdaptasi dengan lingkungannya. Ada 6 subjek pendidikan yang diajarkan pada program ini, yaitu bahasa, kajian sosial, matematika, seni, sains, dan karakter individu, sosial, dan olahraga.

  1. Middle Programme (MYP)

Program ini diperuntukkan bagi usia 11-16 tahun yang bertujuan untuk melatih anak untuk menghubungkan semua yang telah dipelajari untuk dipraktikkan secara nyata. Materi yang diajarkan biasanya adalah bahasa, pribadi dan masyarakat, matematika, seni, desain, sains, dan pendidikan jasmani.

  1. Diploma Programme (DP)

Program ini diperuntukkan bagi usia 16-19 tahun. Bertujuan untuk membangun pola pikir dan mempersiapkan siswa yang unggul pada pilihan kariernya serta mempersiapkan siswa masuk universitas. Bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri biasanya akan memilih program ini.

  1. Career-related program (CP)

Program ini merupakan lanjutan dari program (DP) yang bertujuan untuk melibatkan siswa dalam belajar terkait karir, kemudian dilakukan pengarahan ke pendidikan lanjut, magang, atau pekerjaan, yang pada intinya program ini berfokus pada karir siswa di masa depan. Program ini merupakan program baru yang mulai diterapkan sejak tahun 2012.

Apakah anda tertarik dengan program pendidikan ini? Tenang saja, saat ini banyak Les IB yang dapat anda pilih di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.