Ilustrasi atap

Kelebihan dan Kekurangan Atap Multiroof Pasir, Yakin Pilihan Terbaik?

Atap multiroof pasir makin banyak digunakan pada konstruksi hunian karena dianggap lebih praktis. 

Ciri khas dari atap jenis ini adalah lapisannya yang kasar seperti berpasir yang mampu menahan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Namun, benarkah atap multiroof adalah pilihan paling tepat untuk hunian Anda? Sebelum membelinya, cari tahu kelebihan dan kekurangannya, yuk!

Kelebihan Atap Multiroof Pasir 

  1. Meredam suara bising

Suara bising dari atap saat hujan deras jadi masalah tersendiri buat sebagian orang. Apalagi jika hujan turun di malam hari. Suara bising yang dihasilkan dapat mengganggu kualitas tidur sehingga tubuh jadi tidak fit saat bangun di pagi hari. Untuk mengatasinya, genteng multiroof pasir adalah pilihan yang tepat. Material genting yang terbuat dari baja galvalume, zinc phosphate, zincalume, dan campuran coraltex ini mampu meredam suara bising.

  1. Genteng anti karat

Selain meredam suara bising, genteng jenis ini juga bersifat anti karat karena kandungan aluminium, unsur seng, dan lapisan anti karatnya. Karena tahan terhadap pengikisan secara kimia, maka atap multiroof pasir jauh lebih awet dibanding multiroof lainnya.

  1. Ramah lingkungan dan tidak butuh perawatan khusus

Memilih atap hunian harus dipertimbangkan dari berbagai aspek, salah satunya adalah material penyusunnya. Genteng jenis ini terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dan tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga tidak memakan banyak biaya. Agar lebih awet, Anda hanya perlu melakukan perawatan genteng seperti pada umumnya. 

  1. Tidak mudah terbakar

Bagi Anda yang menginginkan proteksi lebih pada hunian, atap multiroof pasir bisa jadi pilihan yang tepat karena sifatnya yang tidak mudah terbakar. Selain itu, genteng jenis ini mampu meredam sambaran petir dan tidak dapat menghantarkan api.

Kekurangan Genteng Multiroof Pasir untuk Atap Hunian

  1. Warna genteng mudah hilang

Meskipun punya banyak kelebihan, bukan berarti genteng jenis ini tak punya kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah warna genteng yang mudah terkelupas sehingga Anda harus lebih berhati-hati saat memasangnya. 

  1. Rentan terhadap tekanan 

Genteng multiroof pasir memang memiliki kekuatan yang cukup bagus. Meski begitu, genteng dengan ketebalan sekitar 0,20 mm hingga 0,40 mm ini tidak tahan pada tekanan. Jika terlalu sering diinjak, genteng akan mudah rusak.

  1. Daya redam panas tidak terlalu tinggi 

Kekurangan yang cukup terasa dari genteng multiroof pasir adalah daya redam panas yang relatif rendah. Kemampuannya meredam panas dari luar hanya sekitar 70 persen saja, sehingga bisa menimbulkan rasa panas dan sumpek bagi penghuni rumah. Jika masih ingin menggunakan genteng ini, pastikan hunian Anda memiliki ventilasi yang baik agar tidak terasa panas.

Kelebihan dan kekurangan atap multiroof pasir ini bisa dijadikan pertimbangan untuk mendapatkan atap paling tepat bagi hunian Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.