Ilustrasi buku

Sebelum Cetak Buku Tahunan, Perhatikan 6 Hal Berikut

Bagi sebagian orang yang sudah pernah ikut dalam pembuatan buku tahunan sekolah, pasti sudah tidak asing lagi dengan proses apa saja yang harus dilakukan sebelum masuk ke proses harga cetak buku tahunan. Untuk yang belum pernah membuat dan sedang berencana untuk membuat buku tahunan, berikut beberapa tips untuk mencetak buku tahunan.

Desain

Hal pertama yang harus dipikirkan sebelum cetak buku tahunan adalah masalah desain dari buku tahunan tersebut. Untuk masalah desain ini sebenarnya  bersifat subjektif, kamu bisa membuat desain yang sesuai dengan karakter sekolah, atau kamu bisa mencari referensi desain buku tahunan sekolah di internet untuk memudahkan dalam proses pembuatan.

Ukuran

Ketika membuat desain, faktor ukuran juga pasti secara tidak langsung menjadi fokus pada pembuatannya, dan untuk permasalahan ukuran biasanya orang masih bingung menentukan apakah ukuran yang dipilih terlalu besar, atau ukuran yang dipilih terlalu kecil. Untuk itu, kamu bisa melihat contoh cetak buku tahunan yang pernah dibuat sebagai pembanding.

Jenis Kertas

Ada banyak jenis kertas yang bisa dipakai sebagai harga cetak buku tahunan, dan jenis kertas tersebut akan mempengaruhi tampilan dari desain buku tahunan yang kamu buat. Akan tetapi, alangkah baiknya jika kamu tidak terpaku dengan satu jenis kertas saja, lebih disarankan agar kamu menggunakan jenis kertas yang sesuai dengan kemampuan budget.

Menentukan Jenis Cover

Ada dua jenis cover yang sering dipakai untuk buku tahunan sekolah, yaitu hard cover dan soft cover. Kedua jenis cover ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. misalkan untuk soft cover, memiliki bentuk yang cenderung lebih tipis dan rawan akan rusak, namun proses dalam pembuatannya tentu akan lebih cepat dibandingkan dengan proses pembuatan hard cover yang memiliki ketahanan lebih baik daripada soft cover.

Jenis Binding

Apabila kamu masih asing dengan istilah binding, kamu pasti paham dengan istilah jilid, binding atau penjilidan adalah sebuah proses untuk menyatukan lembaran kertas menjadi satu bentuk buku. Proses ini merupakan salah satu proses yang harus dilewati ketika cetak buku tahunan. Dan ada dua jenis binding yaitu lem dan spiral yang bisa kamu pilih sesuai dengan konsep dan tema buku tahunan buatanmu.

Memilih Percetakan

Proses terakhir dalam cetak buku tahunan adalah menentukan percetakan mana yang akan mencetak buku tahunan yang kamu buat. Selain beberapa hal sebelumnya, percetakan juga memiliki peran penting dalam menentukan baik atau buruknya kualitas buku tahunan. Semakin baik percetakan yang kamu pilih, maka hasil cetak buku tahunan tersebut juga pasti akan baik pula.

Pilihlah percetakan yang mampu memberikan masukan mengenai jenis kertas yang bagus untuk dipakai, jenis binding yang sesuai dengan tema buku tahunan, sehingga hal ini dapat memaksimalkan harga cetak buku tahunan buatanmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.