perawatan genset

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan sebagai Operator Genset Termasuk dalam Perawatan Genset

Genset atau generator set adalah alat yang banyak digunakan oleh orang untuk membantu membangkitkan daya listrik saat aliran listrik PLN padam, melihat keberadaannya yang cukup penting, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan baik dalam pengoperasian maupun dalam perawatan genset. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh operator genset
1. Menggunakan Alat Pelindung Diri
Di dalam pengoperasian dan perawatan genset, operator perlu menggunakan alat pelindung diri sebagai tindakan preventif untuk mencegah kecelakaan kerja. Contohnya pada genset rumahan yang pada umumnya menimbulkan getaran dan suara yang keras, dalam pegoperasiannya operator memerlukan alat pelindung diri berupa penutup telinga, hal ini cukup penting dilakukan agar telinga tetap aman.
2. Perhatikan Indikator-Indikator dalam Genset
Terdapat berbagai jenis genset yang digunakan, di setiap genset pasti memiliki indikator-indikator yang penting diperhatikan dan dipahami. Contohnya seperti pada genset rumahan, pada genset ini terdapat indikator bahan bakar, perhatikan indikator tersebut, pastikan bahan bakar berada pada level yang aman jangan sampai bahan bakar habis saat sedang beroperasi, jika merasa diperlukan buat jadwal perawatan genset agar genset tetap normal.
3. Catat Waktu Penggunaan Genset
Sebagai operator dalam rangka pengoperasian dan pemeliharaan genset, kita perlu memperhatikan waktu penggunaan genset, kita sudah sama-sama mengetahui alat apapun jika digunakan terlalu lama dan terlalu sering, lambat laun akan mengalami penurunan performa atau bahkan rusak, oleh karena itu dibutuhkan pencatatan waktu yang cukup teliti tentang seberapa lama genset beroperasi dan hal penting lainnya.
4. Ketelitian Diperlukan sebagai Operator Genset
Sebagai operator genset ketelitian dan kepekaan sangat diperlukan, contoh adalah dalam hal ketelitian, sering kali jika genset yang digunakan mengalami trouble atau masalah operator genset harus segera memeriksa bagian apa saja yang mungkin menjadi akar permasalahan dari gangguan genset tadi. Itu tadi adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita menjadi operator genset, untuk lebih jauhnya kita dapat membaca dan mencoba memahami tentang bagaimana cara mengoperasikan serta merawat genset dengan baik dan benar pada buku panduan yang sudah kita peroleh.

Leave a Comment

Your email address will not be published.